Pages

 

Sifat-sifat hamster, bagaimana memahami perasaan hamster dari gerak-geriknya





Sangat sensitif
Hamster adalah hewan yang lemah lembut, akan tetapi sangat sensitif dan memiliki tingkat kewaspadaan yang kuat. Hamster tidak suka kalau disentuh dengan kasar dan apabila ia merasa terancam akan menggigit. Hamster akan terkejut kalau ditangkap dengan tiba-tiba atau ketika mendengar suara yang keras. Hamster di alam liar tinggal di dalam terowongan sempit di dalam tanah. Perilaku ini masih terlihat pada hamster yang dipelihara sebagai hewan peliharaan, yaitu menyukai tempat sempit yang pas dengan badannya dibandingkan dengan ruang yang luas. Alasannya, apabila badan hamster menyentuh dinding, ia akan merasa aman dari serangan musuh. Oleh karena itu hamster akan merasa senang jika kita pasangkan terowongan/pipa untuk hamster di dalam kandangnya.

Selalu aktif, tidak bisa diam
Dalam 1 hari hamster bergerak, berputar-putar sejauh 20 km. Syaraf motorik hamster juga sangat luar biasa, ia bergerak sangat aktif memanjati kawat jeruji kandang.

Pola hidup hewan malam
Waktu hamster beraktifitas adalah dari maghrib sampai pagi. Di tempat asal hamster terdapat banyak predator burung semacam elang, dan untuk menghindari diri dari bahaya hamster keluar liang pada malam hari. Hamster tidur pada siang hari selama 14 jam.

Lebih suka sendirian
Selain masa breeding, hamster suka hidup sendirian. Sering terjadi apabila 2 ekor hamster dimasukkan ke dalam kandang yang sama akan berkelahi karena mereka akan mempertahankan daerah teritorial masing-masing. Supaya hamster lain tidak masuk ke dalam wilayahnya, hamster kerap memberi tanda di wilayahnya dengan mengeluarkan bau busuk dari kelenjar sekresi di sisi perut.

Menimbun makanan
Kata Hamster berasal dari bahasa Jerman "hamsterm" yang berarti  menimbun atau menyimpan. Kalau diberi makanan, pertama-tama akan disimpan ke dalam kantong pipinya. Kulit pipi hamster bersifat elastis, bisa mengembang ke dua sisi pada waktu makan. Kalau kantong pipi hamster sudah penuh, baru kemudian dikunyah dengan gigi geraham dan ditelan perlahan-lahan.
Kantong pipi pada hamster di alam liar berfungsi untuk mengangkut makanan ke dalam sarang untuk bertahan hidup selama musim dingin. Kebiasaan ini masih terlihat pada hamster yang kita pelihara, oleh karena itu periksalah rumah-rumahan hamster setiap hari dan bersihkan makanan yang mereka simpan di dalamnya.

Menggerogoti barang
Gigi hamster tidak akan berhenti bertumbuh. Oleh karena itu hamster mengikis giginya dengan menggerogoti barang-barang agar tetap memiliki gigi dengan panjang yang sesuai. Berhati-hatilah karena hamster bisa dengan mudah membolongi atau menghancurkan barang yang terbuat dari kayu.

Menggali lubang dan merangkak masuk
Hamster aslinya menggali lubang dan hidup di dalam sarang dalam tanah. Kalau kita taruh potongan pita memanjang kertas koran atau serbuk kayu maka hamster akan menggali-gali dan berusaha merangkak masuk ke bawah.

Suka kebersihan
Hal yang pertama dilakukan hamster pada saat bangun di sore hari adalah membenahi bulu-bulunya. Menggunakan kedua kaki depan hamster membelai-belai kepalanya dengan sangat berhati-hati. Kemudian menjilati bagian dada sampai ke perut. Ternyata hamster adalah hewan yang memperhatikan kebersihan tubuhnya!!
 
KASAH © 2012